Senin, 30 November 2015 |

Wisuda 30 Juz Penghafal Alqur'an


Rinai hujan menyapu langit. Menangis haru bersama keanggunan bibir-bibir para pendoa yang masih bermandikan dosa.

Hari ini adalah hari yang spesial bagi seluruh santri Pondok Pesantren tahfidz wa Ta'limil Qur’an Masjid Agung Keraton Surakarta.

Tanah basah menyirami kesabaran hati seluruh santri yang dulunya berkelahi dengan sejuta ujian dan cobaan demi menggapai gelar yang dirindukan langit.

Akhirnya hari ini mereka melepas rasa syukurnya karena telah dikhatam 30 juz pada hari sabtu 29 desember 2015.

Dari 72 santri yang dikhatamkan,(bilghoib, binadzor). Saya ingin mengenalkan seseorang lewat gugusan aksara yang telah  terpotret lewat kamera kesehariannya. 
Namanya Cici Kustiyani.

Gadis kelahiran solo yang sebentar lagi akan mengakhiri masa belajarnya di Universitas Negeri Surakarta.

Cantik sekali bukan? Disaat hatinya mengejar akherat,ternyata dunia pun mengekor dibelakangnya. Dunia ada dalam genggamannya, dan akherat pun tertancap di hati.
Calon sarjana Peternakan penghafal Alqur’an.

Saya teringat monolog Ustat Yusuf Mansur saat berkunjung ke Pondok Pesantren Tahfidz  Qur'an Ibnu Abas, bulan kemarin.

A : Apa profesi anak anda sekarang?
B : Dokter
A: Hafal Qur'an nggak?
A : @_@ ....???

A: Apa profesi anak anda sekarang ?

B : Arsitektur
A : Hafal ALqur'an nggak?
A: @_@ ....???

A: Apa profesi anda sekarang ?

B: Kapolda Jawa Tengah
A: Hafal Qur'an nggak?
.....

Semua hadirin tertawa kalem, karena saat itu Bapak Kapolda sedang duduk di depan ust Yusuf Mansur :-D


Beliau menjadikan intermezo diatas untuk menyemangati para penghafal Alqur'an yang memiliki cita-cita dan impian untuk masa depannya, karena sekarang lagi ngetrennya para penghafal Al-qur'an dibelahan dunia manapun.


Semoga ini adalah langkah awal untuk membumikan alqur'an pada setiap profesi kita masing-masing dan menjadi bahan dasar untuk membangun peradaban berdasarkan visi besar kita. 


But, yang paling penting adalah meluruskan niat kepada langit demi sebuah investasi akherat.


***

Malam yang syahdu, seluruh masyarakat bergemuruh bak lebah yang sementara bertasbih memuji keaguangaNya. Ribuan mata menyaksikan Wisuda Akbar yang dihadiri oleh Ulama ternama Prof Mustofa Bisri yang sangat akrab disapa Gus Mus.

Cici adalah Wanita cerdas yang sangat lihai mengejar waktu produktifnya agar tetap sejalan antara kuliah dan Al-qur’annya
Semua target-target hariannya tertulis dalam papan kecil sebagai alarm agar bisa memprioritaskan waktu-waktu yang berkualitas.

Kharismanya yang membuat saya iri ingin seperti dia. Akhlak dan Alqur’annya sangat senada, tak ada yang pincang dan cacat menurut pengamatan saya.


Jika ditempat lain saya menemukan seorang penghafal Alqur’an yang memoles hafalannya dengan debu maksiat seperti pacaran, namun itu tidak saya temukan pada Cici.



Karena menurut saya persoalannya bukan sudah sampai Juz berapa kita hafal, tapi sudah sedekat apa tingkah laku kita dengan Al-qur’an?

Cici sangat menjaga kesucian Al-qur’an dengan tidak mengotori wadah yang ia jadikan tempat untuk menampung ayat-ayatNya.

Dia lebih memilih Fatimah wanna be yang mencintai dalam diam pada Ali bin Abi Tholib dan tetap istiqomah untuk menghargai rasa itu disaat yang halal menjemput. 
Baginya hal seperti itu lebih berkelas bagi seorang wanita yang ingin menjaga kehormatanya.

Aarg... Mba Cici.. Saya kagum padamu. 

Semoga suatu saat saya bisa menyusulmu, Mbak Cici. Menggapai mimpi yang sama,menerima selendang langit para penghafal Al-qur’an.

Barakallah ya Mbak...
Selamat atas prestasi dunia akheratnya, semoga bisa mencetak generasi Qur'ani yang memiliki kualitas akhlak yang senada dengan FirmanNya.

Ba'da Khataman with Abah kami






“Orang-orang yang tekun akan menggapai cita-citanya bahkan kalaupun cita-cita tersebut memindahkan gunung, mengeringkan danau. Ketekunan mengalahkan bakat, kepintaran, bahkan jenius”  Tere Liye

Cici and me
"Barangsiapa yang disibukkan oleh Al-Qur'an dalam rangka berdzikir kepadaKu, dan memohon kepadaKu niscaya Aku akan berikan sesuatu yang lebih utama daripada apa yang telah Aku berikan kepada orang-orang yang telah meminta. 

Dan keutamaan kalam Allah daripada seluruh kalam selainNya, seperti keutamaan Allah atas makhlukNya. (HR. At-Turmudzi)

39 senja:

Nur Islah mengatakan...

Salut buat cici. Membaca al Quran saja dapat safaat di hari kiamat, gmn kl menghapalnya..subhanallah

Mugniar mengatakan...

Masya Allah. Salut buat Cici.
Salut juga buat Muthy ... semoga Muthy juga sehebat Cici.

Heru Arya mengatakan...

Asli deh, cici hebat banget bisa membuat kedua hal senada dalam dirinya. Dunia dan akhirat. Sudahlah cantik, pintar lagi. Ya, semoga akan ada terus penerus wanita seperti Cici ini.

Harapannya di dunia dan akhirat yang telah ia jalani bisa senada. Jujur, membacanya saja sangat bangga.

Btw, bahasa yang digunakan rapi banget, enak dan asli deh. Aku baru baca ini dan udah kepincut sama gaya nulisnya. Syahdu dan dibarengi lagu lagi. "Aduh.... semoga bisa terus ngeblog dan berbagi, ya."

Lusi mengatakan...

Subhanallah hebat sekali.

Monika Yulando Putri mengatakan...

Masya Allah.. aku merinding bacanya.. makasi ya mba Muthy atas motivasinya,mengingatkan diri :(

Btw yuk ikut GA sy mba *izin promo jg ya hehe
http://www.monilando.com/2015/11/giveaway-spread-good-story.html?m=1

Monika Yulando Putri mengatakan...

Masya Allah.. aku merinding bacanya.. makasi ya mba Muthy atas motivasinya,mengingatkan diri :(

Btw yuk ikut GA sy mba *izin promo jg ya hehe
http://www.monilando.com/2015/11/giveaway-spread-good-story.html?m=1

Anjar Sundari mengatakan...

Setiap membaca blog ini saya merasa menjadi kecilllll sekali....seakan tiada arti...:)

anak-anak muda yang sangat hebat dengan segala bentuk ibadahnya termasuk menjadi hafidz/ah, sementara saya sudah setua ini masih begini aja...huhuuu... *nangis..

* tetaplah jadi charger buat saya ya mbak Muty, meskipun bikin iri dan sakit hati...hihihi..
In shaa Allah mbak Muty akan segera menyusul mbak Cici...aamiin :)

Pengobatan Tradisional Hernia mengatakan...

masyallah

Risah Icha Az-zahra mengatakan...

waahh.. kuliah sambil ngafal qur'an..
amazing banget tuh ingatannya.. dankemampuan mengatur waktunya..

aku dulu lulus SD fokus jadi santri tahfiz selama setahun. setelah itu nyoba masuk sekolah dan setelah sekolah buyar semua,,, dan tahfiz nya aku tinggalkan.

setiap liat atau denger ada yg hafiz 30 jus aku merasa rendah banget.. dan kagum sama orangnya

btw penasaran ama muka cici tp fotonya kurang jelas. gpp deh demi menjaga hafalannya...

salam kenal ya buat cici 6_^

arum kusuma mengatakan...

Subhanallah mba Cici.. dunia dan akhirat berjalan senada.. keren banget bisa atur waktu antara dunia dan akhirat..

Kak Muty blognya menjadi inspirasi buat para muslimah lainnya, perempuan yang pintar dan shaliha.. Subhanallah.. :-)

Anisa Ae mengatakan...

Subhanallah banget. Duh sampe gak bisa ngomong saking takjubnya.

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Sama-sama mbak Monika...
Siip in syaa Allah saya ikut GAnya..mumpung masih libur di Pondok :-D
Thanks mbk atas infonya..

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Aamiin
Thanks Mas Wortel..:-D

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Bunda Anjar : hehehe bunda jngn nangis... masih ada investasi bunda sikecil dan kakaknya... smga menjadi anak anak penghafal Alqur'an

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Icha :Aamiin... ayo ngafal lagi cha :-D
Sip nnti aku salamin.. dan semoga cici baca tulisan ini jg.. hhe

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Allahuma aamiin
Thanks arumku..
Smga Arum bisa mengikuti jejak mbk Cici juga yaa...
Semangaat move on, Dear..

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Bunda Niar : Allahuma aamiin..
Terimakasih bunda

Andrian Ryudo mengatakan...

Saya non muslim tapi ga apa apa yaaa
maaf jika ada salah kata

yang mba tulis bner banget seseorang harus menjaga kesuciaan dari sebuah kitab sucinya masing masing

jangan sampai menjadi orang yang rajin baca kitab suci tetapi sikap ga sama dengan apa yang kita baca

Rizki Ramdhani mengatakan...

Subhanallah, keren ya. Cantik dan penghafal Quran, dan profesinya mulia yaitu perawat yang bisa membantu orang-orang yang sedang sakit.

Selama ini banyak yang cuma bisa membaca tapi kurang paham tentang isi kitab sucinya.

Frastykawati ika mengatakan...

mba..pingen punya blog yang bisa dengerin music lho....
belajarin dong :v
..f..

Rohma azha mengatakan...

Subhanallahh salut sekali sama mbak cicinya. Semoga barokah manfaat ilmunya ya mbak.e
Amiinnn

Nur Nasichah Istiqomah mengatakan...

Subhanallah semoga kita semua bisa keluberan berkah Al Qur'an... Aamiin

Mahfud Ridwan mengatakan...

Subhanallah. Nggak bisa ngomong apa-apa kecuali harus berkaca pada diri sendiri yang belum bisa mengatur kesibukan dunia dan bekal di akhirat nanti. :')

Salut buat Cici dan tetaplah Istiqomah :') buat yang nulis juga. Amin.

Heru Arya mengatakan...

Sama-sama, ditunggu lho... post selanjutnya.. :) Jangan lupa Follow blog Pangeran, ya... :)

Nursahid Rm mengatakan...

Wah cici istri idaman nih.. hehe
Udah jarang wanita kayak gitu sekarang. Banyak yang berkerudung tapi perilakunya nggak mencerminkan wanita muslim. Menurutku pribadi lebih baik dibrnerin dulu perilakunya baruberjilbab. Lebih baik kita yang dipandang jelek dari pada agama kita. Semoga Cici bisa menjadi contoh buat perempuan-perempuan yang lain. Bahwa al qur'an tidak hanya untuk dihafal, tapi diamalkan.

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Terimakasih Mas Andri ^^

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Dek Nur : ciyee yg udah ngomongin istri idaman. Fokus belajar dlu yaa..xixi
Anyway ,berjilbab mesti nunggu perilakunya baik ?hmm gimana pas lg nunggu ternyata keburu dijemput azal?^^ dua-duanya ngk dapet dong dek... padahal menutup aurat itu wajib looh hukumnya ^^

Baiknya berjilbab dan berakhlak baik. Tdk semua berjilbab akhlaknya baik,tapi yg berakhlak baik pasti dia berjilbab ^^

Thanks dek nur..udah mampiir :-D

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Mas Mahfud : ngk pa pa ngomong aja mas... hha, ngomong ke Allah semoga mas mahfud mendapat istri sholehah seperti mbak cici^^ aamiin

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Eeh ada mbk isti...
Hhi kok bisa nyasar sini mbak :-D

Allhuma aamiiin aamiin
Saling mendoakan yaa mbak.

Salam buat Yani^^

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Aaamiin
Makasih mbak Rohmah^^

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Coba search di google cara menyisipkan lagu di blog mbak..
Hhe cz saya juga lupa^^ kmrin cmn ngintip di google
Itu pake kodenya gt mbak

Cilembu thea mengatakan...

jawaban saya sudah ada yang jawab kak

Muthmainnah Nasaru Muti'ah mengatakan...

Maksudnya apa yaaa? :-D
Yg ngasih pertanyaann siapa yaa mas Thea?? Hhe

Nur Nasichah Istiqomah mengatakan...

HeHehe okke...
Iya jare mbak yani salut.

Ika Puspitasari mengatakan...

Masya Allah...saya suka kagum pada orang-orang yang bisa hafidz Qur'an. Rasanya pengeeen bisa. Alhamdulillah sekarang ikut grup ODOJ...sedang berikhtiar menuju kesana. Ingin juga bisa membimbing anak-anak saya menjadi hafidz dan hafidzah...

laili umdatul khoirurosida mengatakan...

Saya juga punya mbak yang seperti mba cici, setelah hafids ia lebih memilih menikah meskipun kuliahnya blm selesai

Masyallah ^^
Smg kita di jauhakn dari api neraka, dan di beri kesempatan untuk mengamalkan diri sesuai dengan perintah al quran ya mba

Arina Mabruroh mengatakan...

MasyaAllah... selalu berurai air mata kalo ikut menghadiri khataman AlQur'an bil ghaib..

iri sama mereka yg bisa jadi hafidz/ah

Termasuk sahabatku yg skrg d Gorontalo, Mba.. perjuangannya masayAllah sampai bisa hafal dlm waktu 3th padahal kuliah dan aktif organisasi juga. iriiii sangat *tutupmuka*

Jia Yuuki mengatakan...

Merinding, semoga bisa belajar seperti mbak Cici dan para hafidzah lainnya :')

leni setyowati mengatakan...

semoga aku juga bisa wisuda