Jumat, 09 Oktober 2015 |

Sudahkah menjadi sahabat yang dirindukan?

Ketika memaknai sebuah persahabatan kadang  saya bertanya pada diri apakah saya termasuk sahabat yang dirindukan atau sahabat yang tak diharapkan kehadirannya.

Bagi saya sahabat itu adalah butiran aksara yang disatukan dalam sebuah kata sehingga melahirkan makna bagi setiap yang membacanya.

Entah itu makna tersirat atau tersurat, hanya  langit yang  berhak mengetahaui kedalaman maknanya. Apakah kesatuan itu karena DIA atau karena ada hal lain yang ingin digapai oleh sang tuan

Melalui pengalaman pribadi saya menyimpulkan bahwa sahabat yang dirindu itu:

Ridho terhadap kesuksesan sahabatnya. 
    Bagi saya sahabat sejati itu adalah seseorang yang ridho dan bahagia mendukung kesuksesan sahabatnya. Tak ada rasa iri dan dengki yang bersembunyi dibalik kesuksesan orang terdekat kita, apalagi sahabat.

Pernyataan ini semakin meyakinkan saya ketika mengikuti seminar dari Penulis dan Trainer Internasional bang Ippho Santosa bulan lalu, kurang lebih begini bunyinya

“Bukannya Allah tidak  ridho dengan kita, tidak ridho dengan impian kita, tapi terkadang kitalah yang tidak ridho terhadap mimpi orang lain, itulah yang menyebabkan mimpi kita tidak diridhoi oleh Allah”

Yup saya stay tune setuju dengan bang ippo, jangan ada kebencian, kecemburuan atau kedengkian ketika kita bergandeng tangan dengan sahabat, karena itu hanya akan mematikan potensi dan menjadi penghalang rezeki kita.

Ketulusan
Tulus adalah perekat paling kuat untuk bergandeng tangan dengan sahabat. Karena kedalamannya hanya Allah yang tau.

Sejatinya ketika kita hadir dalam kehidupannya tidak ada unsur lain yang ingin kita jadikan atribut diri bahwa ada kepentingan terselubung kita selipkan diatas nama sahabat.

Saya banyak belajar ketulusan dari sosok yang bernama sahabat. Ketulusan memang hanya Allah yang tau, tapi terkadang meskipun samar, ia nampak lewat manisnya kata, bahasa tubuh atau realisasi amal. 


Hanya hati yang bisa meraba mana yang harus diperjuangkan dengan menjaga jarak dan mana yang harus dipertahankan lewat butiran doa.

Sumber Inspirasi dalam melangitkan namaNya
Sahabat itu  ngobrolnya cerita ringan tapi berkelas di langit, membahas tentang ide, gagasan, dan sesuatu yang bisa dilakukan bersama  untuk saling mendukung.

Saya memiliki  sahabat yang terabadikan dalam doa karena dengan hadirnya mereka saya bisa keluar dari gelapnya katak dalam tempurung melalui ide-ide cemerlang mereka untuk melakukan perubahan diri dan mewarnai kembali kepada orang lain.

Menggunting gibah di tempat sampah
Gimana jika ada sahabat yang  sering ngajak bergibah? Atau  mengkuliti orang lain dengan cerita buruk agar dia terlihat sempurna?

Bertemu dengan orang seperti ini saya selalu berhati-hati tanpa  terkesan menarik diri, hanya saja saya menata jarak agar tidak terwarnai dan menyiapkan warna lain agar kita sama-sama menggunting sifat gibah dalam sampah.

Supporter
Sahabat itu selalu menjadi penyemangat bagi sahabatnya. Dia pun memberi apresiasi saat sahabatnya berprestasi dan berkarya. Dia pun yang menyemangati saat sahabatnya demotivasi. Dia mengorbankan sesuatu untuk mendukung keberhasilan sahabatnya.

Saling mengingatkan dalam kebaikan
Sahabat harus berani dan tidak segan untuk mengingatkan saudaranya jika ada kekeliruan yang ia lakukan. Tidak hanya membenarkan tapi mau mengajak pada kebenaran. Namun syaratnya harus dengan hikmah dan tidak terkesan menggurui apalagi menghakimi.
sumber gambar : sahabat dumay

Kata Guru saya bahwa semua orang hebat pasti memiliki banyak sahabat.
Segeralah perbanyak sahabat agar hidup kita lebih nikmat.

Sudahkan kita menjadi sahabat?
Seperti apakah sahabat yang dirindukan menurut temans?



49 senja:

Inda Chakim mengatakan...

alhmdulillah, aq punya banyak mbk, lbih dr 2, sellu ada di saat butuh, gk ngajak ke yg jelek2, selalu bersedia dimintai kritik sekaligus saran, dan satu lg asyik diajak seru seruan, hehe, jd kgn mereka

arum kusuma mengatakan...

Alhamdulillah, sahabat adalah rizki dari Allah buat kita.. ada sih temen baik saya yang ajakin gibah, ya sebagai teman yang baik tentu mengalihkan pembicaraan secara sopan, tapi kalo urusan suport teman teman saya emang paling bisa, apalagi saling membantu.. Alhamdulillah..

Diar Nurhakim mengatakan...

Iya Alhamdulillah Mbak, sahabat memang anugerah Tuhan juga ya, dan bagusnya mengenai kita dan sahabat ya sebagaimana yang disampaikan di sini,,, Siiiiiippppppppp :) Kebetulan saya juga sahabat punya banyak ya, dan kita saling dukung ya satu sama lain.. hehehehehehe :)

nur shodiq mengatakan...

Sahabat adalah mahluk tuhan paling seksi menurut saya....
Jujur saya kesulitan disini mencari sahabat yang persis kayak postingan sampean,
"Di dunia ini tak ada sahabat yang ada hanya kepentingan"
Dan sahabat sejati adalah jengjengjeng seseorang yang mendahulukan ke pentinggan sahabatnya dari pada kepentinggan pribadi itu.....

Agoesman's Blog mengatakan...

Pokoknya mantaps dach...krn manusia adalah mahluk sosial jadi perlu teman atau sahabat
btw salam kenal.

Ahmad Zaelani mengatakan...

Saya cuman punya sahabat sedikit tapi mereka care sama saya... gak apa - apalah yang penting bisa punya sahabat walaupun tak banyak....

Riska Septiani mengatakan...

Kalo ngomong sahabat itu, saya merasakan hal yang masih samar-samar; siapa sahabat saya?
Nggak tau kenapa berpikiran kayak gitu. Seperti... i'm feel alone. Tapi, kalo baca semuanya postingamu, aku cuman bisa ngangguk. RIndu sahabat yang kayak gitu, tapi sulit buat bertemu. Aku juga nggak tau, dia kangen nggak sama aku.:(

Mizz Aiza mengatakan...

Semoga kita menjadi sahabat sejati yang boleh support sahabat pada waktu susah atau senang..

Eka Rosaria mengatakan...

Sahabat adalah yg selalu mengingat kita dalam doanya....

devina putri mengatakan...

sahabat memang indah, saya juga punya sahabat dari sejak sekolah sampe dewasa, selalu mengerti satu sama lain

yunior usop mengatakan...

Gue jadi keinget lagu "Arti Sahabat - So7"

yang bisa dibilang pake label "sahabat", emang keliatan dikit.
wah, yang disini punya banyak aja gue udah salut.

sahabat sama temen kayaknya dipermukaan baikan temen, giliran sahabat malah jadi musuh paling manis haha

Reza Bagus Yustriawan mengatakan...

Hahaha.... kalo menurut gue, gue nggak punya temen di dunia ini....
semua temen gue anggap sebagai sahabat....

kalo nyari sahabat yang bener2 sehati sih emang susah, tapi semuanya bisa berubah kok, bisa aja yg awalnya musuh jadi sahabat deket, kan??

Ara AnggARA mengatakan...

saya seperti nya nggak punya yang seerti itu
pada dasarnya mungkin aku yang menutup diri. emang sih karena saya ini pendiam.
kalau teman mungkin banyak baik teman kerja dan juga lainnya. sahabat yg sulit di cri

Rizki Ramdhani mengatakan...

Kira-kira aku dirindukan gak ya sama sahabatku? Nggak tau nih tapi sekarang udah usaha biar jadi sahabat yang baik. Cuma masih sering ngomongin orang lain Haha..

Semoga kita selalu diberi teman dan sahabat yang baik dan selalu mendukung kita saat sedih maupun senang :D

Andrian Naradireja mengatakan...

Yang bisa menilai kita udah jadi sahabat yang baik kan orang lain, bkan diri sendiri jadi agak susah menebak-nebaknya hhe

Kala gue sendiri sih gak bisa asal nyebut temen deket jadi sahabat, temen baik bukan berarti sahabat. Terlalu banyak pertimbanganlah buat ngasih titel sahabat yang baik hhe

Nol kecil mengatakan...

Hehehe Kak diar logatnya lucu...
Alhamdulillah kalau punya sahabat banyak.. itu tandanya kita welcome ke semua orang..yaa kayak Diar

Nol kecil mengatakan...

Wah alhamdulillah...
Salam buat mereka yaah..hehe

Nol kecil mengatakan...

Dek Arum top.... sahabat yg dirindukan kehadirannya...
Alhamdulillah yaa

Nol kecil mengatakan...

Wow seksi..:-D
Semoga mas Nur segera dipertemukan dgn sahabat sejati... krn kehadiran mereka akan lebih mewarnai cerita kita

Nol kecil mengatakan...

Hehehe tepuk tangan saluut... saya juga saluut punya sahabat blogger yg banyak
Eh tp jangan sampe jd musuuh :-D

Nol kecil mengatakan...

Siiip lebih baik punya sahabat dikit tapi berkualitas akhlaknya,care jugaa yaa mas..
Sahabat sama teman emang beda kedudukannya...

Nol kecil mengatakan...

Salam kenal mas Agus...
Semoga kita bisa jadi sahabat..
Makasiiih

Nol kecil mengatakan...

Wah really? Semoga kita bisa jadi sahabat yaa dear...sejatinya yg paling utama sahabat yg diikat karena Allah dialah sahabat sejati krn pasti dia ngk akan menghianati dan ngk akan bikin kita merasa sendiri...

Nol kecil mengatakan...

Wah ada kakak Mizz... apa kabar Malaysia kk ^^
Aamiin..
Makasih kak dah mampir..

Nol kecil mengatakan...

Ahsanti bunda ^_^..
Dalam diam ia mendoakan kebaikan untuk kita

Nol kecil mengatakan...

Alhamdulillah yaa mbak...
Smga langgeng hingga akherat yaah

Nol kecil mengatakan...

Hmm gity yaa mas :-D
Waah kita beda yaah... kalau saya malah kedudukan teman beda sm sahabat... kalau sahabat pnya nilai plus yg mewarnai kebaikan pada saya...
Dan teman dia bisa jadi sahabat melalui warna yg kita lukis dalam kehidupannya...

Nol kecil mengatakan...

Hmmm gitu yaaa ^^
Semoga suatu saat ada yg mengspesialkan kita menjadi sahabat partnernya..

Nol kecil mengatakan...

Yaap sepakaat gan :-D...
I'm with u

Nol kecil mengatakan...

Hehehe mbak Rizki smoga bisa meminimalisir jika ada sahabatnya yg gibah...
Krn klu orang lain aja digibah depan kita, maka besoknya kita yg akan digibah dibelakang...

Aamiin smga yaa mbaaak :-d

Rizky Ashyanita mengatakan...

terkadang ada perasaan malu ketika kita menganggap seseorang itu sahabat. pasti ada rasa takut kalau dia gak nganggap kita sahabat dan takut kalau ada sikap dia yang seharusnya tidak dilakukan ketika dia menjadi sahabat.
dari tulisan itu jadi pengen banget nyari seorang sahabat yang bener bener diridhoi Allah :)

Citra Pradipta Hudoyo mengatakan...

Sahabat itu seperti tidak ada batasan. Saling membantu tanpa ada rasa beban, hehe sebab ya ikhlas demi sahabat.

Sahabat yg baik itu sahabat yg membawa kita ke arah yang baik kn :)
Itu karena mereka peduli dengan masa depan kita

Citra Pradipta Hudoyo mengatakan...

Sahabat itu seperti tidak ada batasan. Saling membantu tanpa ada rasa beban, hehe sebab ya ikhlas demi sahabat.

Sahabat yg baik itu sahabat yg membawa kita ke arah yang baik kn :)
Itu karena mereka peduli dengan masa depan kita

Idrus Dama mengatakan...

Saya tak ingin jadi sahabatmu. Jadi saudara saja. Biar abadi hingga akhir hayat. Bukan begitukah mbak?

Nol kecil mengatakan...

I do for you...
You are my best brother, bang igo..

Nol kecil mengatakan...

Yup Mas...
Sahabat itu tidak ingin hanya dirinya yg sukses tapi ia juga ikhlas mau mengsukseskan sahabatnyaa....

Nol kecil mengatakan...

Aaamiiin....
Terimakasih Ky....

Ila Rizky mengatakan...

bener itu, sahabat yang keren pasti bisa jadi sumber inspirasi dan supporter yang paling pertama kalo temennya lagi butuh semangat. :)

Okky Helja mengatakan...

aku jadi inget sahabt sahabatku. yang udah bertahun tahun nggak pernah ketemu, karena terpaut jarak tempa kuliah :"
sahabat itu adalah sebosok bosoknya teman, tetapi mereka tidak pernah nusuk dari belakang, mereka yang selalu ada dalam suka dan duka. sahabat sejati adalah seperti itu sist hehe :D

Doni Jaelani mengatakan...

wah itu mah sahabatnya perfect banget ya kalo punya semua sifat itu :)

Sayangnya gue punya sahabat absurd absurd banget haha

Gustyanita Pratiwi mengatakan...

Waaaaa pengen juga mnjadi sahabat yg dirindukan dan meninggalkan kebaikan setelah tiada

Erny Binsa mengatakan...

Wah alhamdulillah punya sahabat yang menginspirasi tapi mereka sekarang berada ditempat yang berbeda-beda, sedang menggapai mimpinya masing-masing. Tapi tetep meskipun jauh yang penting masih saling mendoakan.

Dan disini juga meskipun sahabat yang lain pada jauh, tapi datang lagi teman-teman yang menjadi sahabat, mereka semua baik dan punya karakter yang berbeda-beda.. paling seru kalo udah ngumpul, bisa saling bully bullyan tanpa ada yang merasa sakit hati.

Lulu Andhita mengatakan...

Sahabat yg dirindukan ya? Aku gaktau deh trmasuk salah satu yg dirindukan apa enggak, soalnya setau aku yg dirindukan itu temen yg slalu bkin heboh suasana, smentara aku kbnyakan diem/pendiem._. Jd aku slalu pnya pikiran "ah, gak bakal ada yg ngangenin gue kali, toh ada ato gak ada gue sama aja, kalo ada gue ya sepi, gak ada gue ya sepi2 jg"

Sahabat yg aku pnya kyaknya cuma 1 deh, soalnya kita udh deket dri tk. Udh tau karakter masing2. Slalu mensupport satu sama lain.

Kalo temen2 lainn.. Aku gatau deh itu trmasuk sahabatku atau bkan, soalnya yg aku tau mreka suka ngmngin di blkang, dan aku jg tau kalo aku psti jg prnah diomongin :') Gimana tuh ya kalo kyak gtu?

Yandhi Ramadhana mengatakan...

this is awesome ----> Bagi saya sahabat itu adalah butiran aksara yang disatukan dalam sebuah kata sehingga melahirkan makna bagi setiap yang membacanya.

klo gw sih cuma berusaha menjadi yang terbaik aja untuk orang lain, biar orang lain yang menilai. apa gw pantas untuk diharapkan atau seharusnya diacuhkan

angkisland mengatakan...

sepertinyas aya belum mbak hehehe

Chisana Sekai mengatakan...

Sahabat memang teman yang terbaik
Selalu ada saat senang dan sedih :)

Reski Amalia Nurpratiwi mengatakan...

postingan ini bener bener membuka mata aku banget mba,,,dan tiba-tiba aku jadi terdiam dan menanyakan "sudahkan aku jadi sahabat yang dirindukan sama sahabat sahabatku"

devina putri mengatakan...

yang namanya bersahabat itu memang indah, apa lagi sudah terjalin lama, apa kalo sama2 care dan saling kasih motivasi pasti akan sangat di rindukan

Anjar Sundari mengatakan...

Walah...ganti nama to mbak Muty...

saya juga punya sahabat sudah sejak lama dan sudah kayak saudara...
mau memberi kritik kalau saya salah dan menghibur saat saya sedang gelisah

saya selalu merindukan dia setiap waktu... :)